Thursday 17 November 2016

Tak Hanya Kemegahan Islamic Center, Samudra Di Atas Awan Pun ada Di Negeri Seribu Suluk

Sedikit mendapat cuaca bagus

(Tgl 16-11-2016) Perjalanan kali bersama beberapa Orang Anggota Penegak dari SMA N 1 Kepenuhan dan di pandu oleh Kakak Rizal (Pembina Pramuka Kwaran Kabun) kakak Taufiq,dkk mendaki bukit suligi yang ada di Simp. Kokar, Desa Aliantan, Kec.Kabun (Bukit Suligi yang masuk dalam area Hutan Lindung Bukit Suligi). Perjalanan kali ini diluar jadwal dengan persiapan yang cukup, beranjak pukul 15.00 wib dari Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan. Setelah sampai di Pasir pengarayan kami mendapat trouble di perjalanan yaitu bocor ban mobil yang kami gunakan. Berbagai cara untuk memperbaiki akhirnya pukul 16.50 wib kami memulai kembali ke Desa Aliantan. Sesampai di Desa Aliantan sudah Pukul 18.10 wib dan kami bertemu dengan Kakak Rizal, dkk dan beristirahat dan Packing sebentar sambil melanjutkan perjalanan ke tempat parkiran terakhir, masih di Desa Aliantan rute tersebut hanya saja kita perlu mengendarai dengan menempuh Jalan Simp.Kokar yang rutenya sedikit jalanan berbatu dan semenisasi. Di tambahnya rintiknya hujan tak menyurutkan semangat kami untuk menempuh perjalanan yang ­+ 1 jam ini. Akhirnya pukul 21.00 wib kami tiba di lokasi parkiran (Rumah Bapak Ismail).
Foto Bersama dengan Kak Rizal,dkk
 Setelah memarkirkan kendaraan kami pun mulai bersiap-siap untuk melanjutkan pendakian, di mulai pukul 21.20 wib dengan tracking yang harus extra hati – hati,mengingat tebingnya curam dan jalanan tanah gambut, ditambah dengan derasnya hujan mengguyur sebelumnya membuat perjalanan ini jadi harus kotoran – kotoran dengan tanah. Semangat tim yang kuat, akhirnya pukul 22.30 kami pun sampai di Puncak bukit gundul (bukit Suligi) dan kemudian mendirikan tenda dan membuat minuman hangat serta berbagai menu cemilan lainnya.

Sambil menikmati pemandangan malam dan keindahan samudra di atas awan bukit suligi, tak menyadarkan kami hingga pukul 02.00 wib sambil bercerita panjang lebar bersama kakak Safrizal, dkk. (Namanya boleh sama sedikit dengan penulis). Kemudian mata terpejamkan hingga menunggu sunrise.
                Moment yang ditunggu ini, pukul 06.00 wib pagi pun bangun tetapi, cuaca yang berkabut membuat kekecawaan kami untuk melihat keindahan samudra di atas awanya bukit suligi, hingga diputuskan untuk menunggu sampai kabut tersebut hilang. Sampai pukul 09.00 wib kabut pun mulai berangsur sementara kami pun sudah mempersiapkan packing untuk pulang mengingat perjalanan kami masih sangat jauh dan pekerjaan yang sudah menanti.

Akhirnya pukul 09.30wib kami memutuskan untuk turun dengan menikmati moment tersebut apa adanya, sesampai di bawah pukul 10.10 wib kami sesampai di parkiran, untuk mengobati kekecewaan tersebut kami di ajak Kakak Rizal,dkk untuk menikmati Air Terjun Tujuh Serangkai (3 Air Terjun dari 7 Yang ada).  Setelah membersihkan diri dan menikmati air terjun tersebut, pukul 11.30 kami beranjak meninggalkan Bukit Suligi dan Air Terjun Tujuh Serangkai ke Pusat Desa Aliantan. Sesampai di Desa Aliantan (BaseCamp Kakak Rizal, Dkk) pukul 12.30 wib kami beristirahat dan dilanjutkan pulang ke kota tengah pukul 13.30 wib. Perjalanan ini tidak akan sekali saja, akan ada waktu dan hari untuk kami ke sana, karena keindahan di negeri sendiri.

Memang dibandingkan dengan keindahan gunung-gunung yang ada di wilayah lain, pemandangan bukit suligi tak kalah indahnya. Hanya ketinggian dan bunga edelwis yang menjadi sedikit perbedaannya. Dan bagi kawan-kawan yang ingin melakukan perjalanan di sana, di haruskan untuk membawa pemandu dari Desa Aliantan, bisa menghubungi Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa atau Pembina Pramuka yang ada di Kecamatan Kabun tersebut. Mengingat beberapa jalur yang sedikit bahaya dan peraturan adat yang ada di Desa Aliantan.
 Berbicara ketinggian, kami bersama kawan - kawan masih belum bisa mengukur berdasarkan alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian, tetapi perkiraan 1000-an Mdpl, dan moment ini juga angka cantik yaitu tanggal 16 - 11- 2016 .. :D
Air Terjun Tujuh Serangkai ke Dua

Terima kasih kepada Kakak Safrizal beserta kawan - kawan para penggiat wisata alam di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun. Bagi rekan - rekan pembaca yang juga ingin melakukan pendakian ke sana bisa menghubungi kakak Rizal 082331750982
Air Terjun Tujuh Serangkai
Salah satu foto dari kakak rizal, dkk sebelumya.

Rizal Doc

Bisa juga di lihat video icak - icaknya... :D  klik gambar di bawah ini...

Terima kasih,,, kata- kata ini yang terakhir.. :D