Saturday 21 February 2015

Menapaki Puncak Merapi 2891 Mdpl

Puncak Merpati For Mama dan Papa
Baiklah.. bercerita dari keberangkatan menuju Mt. Merapi..

Prepare sebelum keberangkatan
Perjalanan dimulai dari tanggal 18 Februari 2015, bersama sahabat - sahabat muda di jurusan sistem informasi, junior di fakultas lah tepatnya, Karluci dan arif binafsihi mahasiswa semester 10. tujuan pendakian sebenarnya sudah lama digagas oleh mereka. mumpung mereka masih pemula jadi butuh tentunya yang membantu. diawal proses sampai ke merapi, perencanaan yang akan ikut berjumlah 8 orang tetapi pada hari keberangkatan hanya tinggal bertiga bersama.
kalau saya hanya dengan niat membawa bongkahan hasil perjuangan 3 semester ini (Skripsi) ini untuk sampai dipuncak merpati, merpati, sumbar dengan ketinggian 2891 Mdpl. ini kali pertama mendaki dengan cukup ketinggian walaupun sebelumnya sudah mendaki Gunung papandayan (Garut, Jabar) dan Gunung Talang (Solok, Sumbar). dengan segala perlengkapan dan informasi bagi mereka yang baru pemula di persiapkan.
pada hari rabu, tepatnya berkumpul di Kos Karluci yang tak jauh dari depan kampus, kemudian dilanjutkan untuk pemesanan bus keberangkatan. tepat pada pukul 22.00 wib sesuai perjanjian dengan bus menunggu di depan kampus UIN suska Riau. setelah berangkat dengan menempuh perjalanan lebih kurang 6 jam ini untuk bisa sampai di Pasar Koto Baru, Sumbar. setelah sampai di koto baru pukul 04.00 wib, di lanjutkan istirahat dan menanti azan subuh berkumandang dulu.
Karluci, arif dan saya menunggu waktu subuh di Masjid koto baru
setelah melaksanakan fardu kifayah di awal pagi kamis 19 februari 2015 ini, kemudian dilanjutkan untuk persiapan pendakian tentunya diawali dengan breakfast dulu. tepatnya pukul 07.00 wib dilanjutkan menuju posko 1 (tower) ditemani salah satu junior di kampus (rahmad) mahasiswa TE yang sudah pernah mendaki di Mt. Merapi . tak lama sebelum berangkat menuju posko berjumpa dengan sahabat komunitas dari Jambi yang ingin naik ke merapi, berhubung mereka juga pemula, maka tak salah untuk menemani ke tower sembari mereka menunggu sahabat dari padang.
sampai di posko 1 pukul 08.00 wib dan melanjutkan registrasi, sambil menunggu sahabat - sahabat dari jambi tadi kami memanfaatkan untuk buang air,dll. pas pukul 09.00 wib dimulai berdoa dan berangkat menuju puncak merapi.
berpose dekat Posko 1 
Sampai di Posko 2 (BKSD)
Setelah sampai di posko 2 (BKSD) pukul 10.00 wib kemudian dilanjutkan menuju KM 4 untuk sampai ke cadas. Berhubung pemula dan track cukup sulit membuat perjalan sampai ke cadas menempuh waktu 8 jam perlajanan.
Suasana diperjalanan, masih sempat untuk berpose
Butuh stamina dan tekad yang begitu kuat dengan mimpi untuk bisa sampai ke puncak merpati seperti yang orang - orang bilang. setelah melewati beberapa nama - nama yang ada dan panggilan khas untuk para pendaki di sumatra barat "pak". hingga sampai ke cadas. Tapi, sebelumnya singgah dulu untuk di pintu angin untuk mengambil stok air di cadas.
sampai di pintu angin
Setelah mengambil air minum 3 botol aqua besar kemudian dilanjutkan mendaki untuk sampai ke cadas dengan 20 menit perjalanan. setelah sampai langsung memasang tenda. 
Tenda di pinggiran cadas merapi
mengejutkan bagi saya dengan kondisi cadas yang curam, dari dua kali pendakian sebelumnya baru kali ini melihat posisi cadas yang cukup menyeramkan. mengingat waktu sudah malam maka tenda dan persiapan tentunya dengan membuat kopi susu yang hangat untuk sahabat-sahabat, melihat kondisi kawan - kawan yang sudah sangat lelah maka diputuskan untuk beristirahat, saya pun berjalan ke tenda lain untuk bercerita dengan para pendaki lain. wajah lelah dan semangat membawa nama - nama yang akan mereka tulis diatas lupa akan makan malam, terlihat nyenyak tidur sahabat - sahabat ini. 
melewati dinginnya cadas merapi, sambil menunggu subuh menjelang untuk menikmati sunrise puncak kami pun bergegas mengingat waktu yang terbatas dan dinginnya subuh. akhirnya di putuskan untuk berangkat pukul 06.00 wib. Alhamdulillah cuaca begitu bersahabat dengan pendakian ini sehingga cuaca begitu indah. 
suasana di cadas
perjalan menuju puncak dari cadas membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di tugu abel tasman dengan sahabat - sahabat, tentunya Skripsi yang menjadi target utama. 
berikut dokumentasi selama berada di puncak merpati, tugu abel tasman dan juga melihat kawah, taman edelwis dan puncak garuda. tapi dari pendakian selama ini takjub dengan puncak merapi. keindahan kota sumatra barat, gunung talamo, laut yang ada di padang dan juga puncak gunung kerinci yang tertinggi nomor 2 di indonesia ini dengan gagahnya untuk mengundang saya mendakinya. insya allah kerinci. 
setelah menghabiskan waktu 4 jam di puncak akhirnya di putuskan untuk turun, diawal rencana berada di puncak merapi selama 2 hari dengan berkemah tetapi, alhamdulillah dengan cuaca yang begitu bersahabat diputuskan untuk turun juga ke pekanbaru. mengingat ada beberapa keperluan mendadak yang harus di selesaikan. 
Terima kasih Merapi 2891 Mdpl atas kegagahanmu. 
terima kasih yaa ALLAH atas karunia dan nikmat yang telah engkau berikan kepada hamba, betapa agung atas penciptaanMU .

Kalau lihat batu besar di mana saja dan banyak pasti di susun dulu

inilah sahabat - sahabat pendakian


Suasana di cadas

Track ke puncak

Samudra di atas awas merapi

Cakep tak....

Dua jempol untuk keindahan merapi

saksi bisu di tugu abel tasman dan didepan Mt. Singglang
Sampai di depan kawah merapi 

Persembahan untuk mama n papa di puncak merpati

skripsi yang sudah lengkap

lebih keren lagi..

Fose tanpa sekeripsi dibelakang samudra di atas awan 




1 comment:

  1. keren bget Bro,,akhir thun mau naik lagi gak,,Aku mau Join..?

    ReplyDelete