Wednesday 29 March 2017

Bagi Yang Mau Ke Air Terjun Carocok, Rohul Bisa Di Baca, Semoga Sedikit Membantu

Air Terjun Carocok, Rohul (Natural) 


Trip liburan kali ini, penulis beserta kawan – kawan yang tergabung dari MTMA Rohul, sahabat – sahabat dari Pekanbaru 9 orang, dari Ujung Batu 4 Orang serta dari Boter sekitar 4 orang juga. Semuanya bergabung dan berkumpul di titik yang telah di tentukan sebelumnya.  Memang, kelihatan seperti perjalanan di luar rencana. Awal liburan hanya ke Rokan IV Koto tapi berhubung sahabat – sahabat yang sama ingin ke Air Terjun Cerocok dan sebelumnya juga sudah pernah di tulis tentang Air Terjun Cerocok tetapi belum pernah merasakan dinginnya air sehingga diputuskan untuk menuju ke lokasi tersebut. 
Jembatan Gantung Menuju Air Terjun
 Inilah sekelumit kisah di awal sebelum perjalanan ini dimulai, sekarang bagi sahabat-sahabat yang kiranya memiliki tujuan yang sama untuk menikmati keindahan Air Terjun Carocok di Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu dengan sedikit membaca dari Perjalanan beberapa waktu yang lalu.


Pada Hari Selasa tepatnya Tanggal 29 Maret 2017. Pagi itu, salah teman di BBM chat untuk mengajak ke air terjun carocok dan kebetulan sahabat – sahabat dari Pekanbaru berjumlah 9 Orang menghubungi bahwasanya mereka sudah berada di Pasir Pengarayan yang hendak ke Islamic Center Rokan Hulu dan ingin berjalan wisata lainnya. Setelah diskusi kemana rute akhirnya menyetujui dengan rute sebelumnya yaitu Air Terjun Carocok. Sambil menunggu sahabat –sahabat yang lainnya sekitar pukul 09.00 wib (Pagi) mempersiapkan kendaraan dan perlengkapan akhirnya pukul 10.30 Wib berangkat dari Kota Pasir Pengarayan tepatnya di Dekat Bank Riau Cabang Pasir Pengarayan, di mulai perjalanan menuju Simpang Tangun (Arah Ke Air Terjun Aek Metua), sesampai di Simpang Tangun beberapa rekan – rekan berhenti sambil menunggu rekan – rekan yang dari arah Ujung Batu sekitar, akhirnya setelah berkumpul pukul 11.00 wib melanjutkan perjalanan ke Desa Tangun (Bangun Purba), sesampainya di Pintu Masuk Menuju Wisata Air Terjun Aek Metua berhenti untuk membeli konsumsi (Nasi Bungkus) mengingat waktu sudah menunjukkan untuk menyantap makan siang. Kemudian melanjutkan Perjalanan masuk dan memarkirkan kendaraan di tempat parkiran (sebelum jembatan gantung). Memang untuk sekarang parkir kendaraan roda dua bagi para pewisata air terjun carocok belum dikenakan tariff masuk tetapi, untuk parkiran kendaraan roda 4 harus di parkirkan mengingat tidak melewati jembatan gantung (Tarif Parkir Mobil Rp.30.000).
Lokasi dari Atas Puncak Bukit
 Setelah semuanya berkumpul, sekitar pukul 11.30 wib berdoa dan brefing mengingat ada sekitar 9 orang sahabat yang tidak naik kendaraan akhirnya di angsung (Langsir) dan sisanya berjalan sambil menunggu jemputan selanjutnya. Bagi Pemula setelah kita melewati Jembatan Gantung, sekitar 10 Meter ada persimpangan kecil (Belok Ke Kanan mengikuti Jalanan Beton/Semen) kemudian ikuti jalanan beton tersebut, berkendaraan sekitar 200 meter kita akan berjumpa dengan pertigaan (Kemudian Belok Kiri mengikuti jalanan beton/semen kecil yang lebar sekitar 30 -40 cm), ikuti sampai jalanan beton tersebut habis dan lurus sesampai jalanan yang cukup becek/rusak sampai nanti berjumpa dengan pertigaan yang dibawah kaki bukit.


Ada 2 opsi setelah kita sampai di pertigaan kaki bukit tersebut, Jalur Kiri itu jalan kaki dengan mengikuti akses jalan warga atau para warga yang mengangkut kayu (Balak) atau opsi kedua kita bisa menggunakan kendaraan (Lurus) yang tracking cukup ekstrim dengan menanjak di atas bukit (melewati bukit tertinggi). Bagi para pejalan bisa ditempuh sekitar 1 Jam dan bagi pengguna kendaraan bisa di tempuh dengan 20 menit sampai ke air terjun. Setelah berjalan kita akan menemukan Aliran Sungai (Tidak Tahu Nama Sungai aliran dari Air Terjun), diharuskan untuk menyeberang dan kemudian naik untuk menuju ke air terjun Carocok, memang akses dari sungai menuju ke air terjun masih samar, bisa jadi nanti kita sampai di atas air terjun atau kita langsung ke dasar pemandian air terjun. Tetapi kedua nya juga sudah ada jalur bagi kita yang berada di atas dan turun ke bawah, hanya kita mengikuti jalan sebelah kiri yang sedikit menanjak dan menurun. 
Aliran sungai yang dilewati
 *Tetapi bagi pejalan kaki anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup dari atas bukit yang sudah gundul, sahabat bisa melihat hamparan hijau perkebunan, ladang dan perumahan Kecamatan Bangun Purba dan sekitarnya, bisa jadi sahabat bisa melihat Islamic Center Rokan Hulu dari atas bukit tersebut. 


Mungkin bagi penulis sendiri, jalur yang ditempuh masih dikategorikan standar bagi para pemula lainnya, tempat istirahat dan jalanan juga cukup lebar dilewati hanya saja dari aliran menuju ke air terjun yang masih sedikit meragukan (Pemilik Lahan/Warga baru siap membuka hutan tersebut jadi masih banyak kayu yang melintang).
Inilah sedikit perjalanan menuju ke air terjun carocok, Rokan Hulu, sahabat – sahabat bisa menghubungi rekan – rekan Rujak Adv,MTMA Rohul dan warga sekitar jika masih ada keraguan untuk menuju ke lokasi tersebut.



*Sedikit tambahan, Masih ada Goa, Danau dan Air Terjun lagi disekitaran air Terjun Carocok tersebut tetapi belum bisa dipastikan lokasinya, hanya cerita dari warga sekitar.

*Mohon maaf jika terdapat kesalahan baik dalam penulisan nama dan tempat.
Terima Kasih,
Semoga Bermanfaat 


*Gallery  








0 comments:

Post a Comment