Sunday 3 June 2018

Rute Asik Setelah Lebaran, 40 Menit Tracking Ke Puncak Kabur 550 Mdpl Rokan Hulu

Puncak Harapan, Rokan IV Koto

Sebenarnya ini trip terakhir sebelum bulan puasa 1439 H, tepatnya tanggal 6 Mei 2018. Tapi, berhubung aktivitas yang cukup banyak (sok sibuk :D ) dan belum dapat waktu yang tenang untuk nulis, tulisan bukan hanya sekedar cerita kedai kopi tapi tulisan sangat perlu di tata dan bahasa perlu di atur sehingga kita penulis dan pembaca bisa sama – sama seperti masuk dan terbawa didalam tulisan tersebut.  Mungkin layaknya anak muda yang lagi nonton film sinetron. (nyambung atau tidaknya) :D
 
Puncak Bimbang, Rokan IV Koto
Perjalanan ini sabtu, tanggal 5 Juni 2018, pukul 18.00 wib, sebenarnya pukul 16.30 wib setelah kegiatan pelantikan rekan – rekan PPL  Se- Kec. Kepenuhan di Kota Tengah (Panwaslu) wilayah kepenuhan diguyur hujan sehingga menunda perjalalan. Tim perjalanan kali ini cukup ramai karena sahabat-sahabat dari MTMA Riau dan MTMA Rokan Hulu turun dan ada kegiatan social bersama kelompok sadar wisata (barawrokan) dan masyrakat setempat dengan anak – anak yatim di sana.  Setelah menunggu hujan reda sekitar pukul 17.00 wib akhirnya diputuskan berangkat dari kediaman (Pasir pandak) menuju ke kota pasir pengarayan untuk berkumpul dengan rekan  -rekan MTMA Rokan Hulu, hingga sampai pukul 17.45 wib dan sambil menunggu magrib di lanjutkan perjalanan menuju ke kecamatan ujung batu, dari ujung batu (Simp.SIabu) di lanjutkan ke Kec.Rokan IV koto mengingat rekan – rekan MTMA Riau belum berangkat dari pekanbaru, sementara waktu sudah jadwal makan malam (pukul 19.30 wib), akhirnya di putuskan untuk berkumpul di indomaret Desa Lubuk Bendahara dan sebagian sahabat-sahabat juga mencari makanan hingga pukul 21.00 wib di putuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Pusat Kec. Rokan IV Koto untuk berkumpul di Basecamp Baraw Rokan, di sambut sahabat – sahabat pengurus Baraw Rokan.

Puncak Kabur, 550 Mdpl 

Hingga pukul 23.00 wib berkumpul sembari beristirahat di basecamp dan berhubung ada tamu dari daerah lain akhirnya sebagian tim naik ke puncak, dan penulis ikut dalam rombongan tamu tersebut supaya bisa istirahat dipuncak, dan rombongan MTMA Riau juga baru jalan dari pekanbaru. Dari basecamp ke parkiran terakhir di butuh kan waktu sekitar 20 menitan. Setelah memarkirkan kendaraan, packing terakhir dan berdoa sebelum tracking, dari parkiran ke puncak harapan (pertama) di butuhkan waktu sekitar 15 menit, sahabat yang belum pernah jangan takut karena rute (track) sudah aman dan mudah untuk berjalan, rekan2 Barawrokan sudah membuat seperti ke atas mana rute ada yang tanjakan. Dari puncak harapan ke puncak bimbang hanya butuh waktu 13 menit normal. Dan dari puncak bimbang ke puncak kabur sekitar 10 menit normal.
 
Puncak Kabur
Trip kali ini juga kurang bersahabat dengan cuaca, karena menunggu hingga subuh supaya turun hujan untuk dapatkan samudra di atas awan seperti dokumentasi sahabat-sahabat yang lainnya. Tapi begitu lah perjalanan alam, tidak semua keingingan sesuai dengan kenyataan. tapi paling tidak dari sebelah puncak bukit tungkuih nasi terlihat awan mulai datang hingga pukul 08.00 wib.
Sunrise Puncak Kabur 
Kanan : Crew Thecaretaker, Penulis, Afdol (barawrokamn), dan sahabat dai MTMA Rokan Hulu

 Catatan : dari Pasir pengarayan ke parkiran terakhir jarak tempuh normal 1, 5 Jam, dari pekanbaru ke lokasi 3 Jam. Untuk tracking sekitar 40 menit (normal) versi pemula.. :D
Bagi sahabat – sahabat yang juga ingin ke sana, bisa cek ig BARAWROKAN atau CM fb Syafrizalhasbi.
Jalan dari puncak kabur ke puncak bimbang
Jalan dari basecamp ke parkiran 
pemandangan di perjalanan


Terima kasih sahabat –sahabat  Barawrokan trip kali ini

Terima kasih diskusinya ketua Barawrokan Sigit Praninjo, S.Stp (Sekcam Kec.Rokan IV Koto) Muda dan berkarir.
Track Dari Puncak Harapan ke Parkiran


Trip Kali ini, MTMA RIAU &ROHUL, BARAWROKAN





0 comments:

Post a Comment