Tuesday 15 December 2015

Potensi Air terjun Corocai manih, Desa Cipang Kiri Hilir, Kec. Rokan IV Koto, Rohul



Bicara tentang Air Terjun, memang tidak ada habisnya di Negeri nan indah ini, khususnya air terjun yang memiliki daya tarik eksotic, hampir di setiap kabupaten memiliki air terjun, contoh kecil air terjut yang berada di air terjun guruh gemurai Kuansing, jangan salah Rokan Hulu juga memiliki yang sama, hanya saja perbedaan nya anda sering yang menilai. Lokasi air terjun ini berdekatan dengan Venue Paralayang pada Pekan PON Lalu. Air terjun yang bernama Corocai Manih ini menurut nama yang di berikan oleh masyarakat setempat. Kesalahan saya tak kala waktu ke sana tidak bertanya tentang mengapa di beri nama corocai manih, saya tergiur akan cerita Kepala Desa dan beberapa masyarakat yang kebetulan kita jumpa di jalan tentang air terjun yang lainnya, kalau tidak salah air terjun tembulun, memiliki ketinggian yang melebihi air terjun corocaI manih serta pemandangan  terbaik untuk melakukan camping di puncak Bukit mentawai atau tungkuih nasi. Cerita dari kepala desa dan beberapa tokoh masyarakat itu pun membuat alih topik membuat sejarah asal air terjun sempat di lupakan. 
bersama rekan-rekan MTMA Riau dan Jambi

                Perjalanan kali ini bersama rekan – rekan dari komunitas penggiat alam My Trip My Adventure (MTMA) Rokan Hulu, My Trip My Adventure (MTMA) Riau dan juga Perwakilan dari My Trip My Adventure (MTMA) Jambi juga ikut dalam trip air terjun corocai manih, tidak hanya sekedar trip tetapi juga ada kegiatan menanam pohon di sekitaran lokasi wisata, jumlah yang ikut dalam trip kali sekitar 52 orang tercampur baik dari rekan-rekan pengurus pada hari minggu 06 Desember 2015.
                Pengalaman selama ngetrip kali pertama yang melelahkan, track yang cukup menantang dengan jalanan berbukit dan becek, walaupun perjalanan semuanya menggunakan sepeda motor tetapi jalan yang di tempuh cukup lama.  Di sarankan nantinya bagi sahabat- sahabat yang ingin ngetrip ke sana untuk membawa sepeda motor selain matic, lebih baik menggunakan tracer, motor jantan dan minimal motor biasa.

track yang di lewati tim

Rute perjalanan akan saya jelaskan di bawah ini.   
Minggu, 06 Desember 2015, Perjalanan di mulai dari Rumah (Kediaman saya) tepatnya  Desa Kepenuhan Timur, Kec. Kepenuhan bersama my Fren sohib trip yang bekerja di salah satu perusahaan perkebunan swasta. Pukul 06.00 wib, melanjutkan perjalanan ke Simp. Kumu (Basecamp) My Trip My Adventure Rokan Hulu. Sesampai di sana pukul 06.45 wib setelah berkumpul dilanjutkan perjalanan untuk berkumpul dengan sahabat lainnya di Simp.3 Pasir Pengarayan (Samping Rumah Sakit Surya Insani). Setelah itu, melanjutkan pukul 08.00 wib lanjut menuju Simp. Siabu  (Ujung Batu) . sesampai di sana pukul 09.00wib. sembari menunggu tim MTMA Riau dan MTMA Jambi sampai pukul 11.00wib. setelah berkumpul akhirnya pukul 11.30 wib berangkat dari simp. Siabu menuju ke lokasi tersebut.
Bagi sahabat yang nantinya mau berkunjung anda bisa bertanya kemana jalan menuju Desa Cipang Kiri Hilir, Sei. Kijang, berhubung juga banyak belok ataupun persimpangan di lewati, pikiran juga hampir linglung dengan kondisi jalan yang di tempuh. Pokoknya melewati Istana Rokan IV Koto tepatnya atau bisa bertanya jalan menuju Venue Paralayang.
Setelah perjalanan yang melelahkan tepatnya pukul 14.30wib kami sampai di Desa Cipang Kiri Hilir, kami langsung istirahat sebentar karena jarak air terjun  dari pusat desa Sei. Kijang hanya berjarak 2 Km dan berjalan kaki hanya lebih kurang 5 menit. 


Setelah sampai di Air Terjun Corocai Manih terbalas sudah penat,letih dan semuanya ketika merasakan percikan air terjunnya, dingin dan segar membuat tidak ada perjalanan yang melelahkan. Tetapi tidak bisa berlama-lama berhubung waktu sudah pukul 16.00 wib dan perjalanan masih panjang untuk pulang, yang kami khawatirkan jika kehujanan. Setelah bersiap-siap akhirnya pukul 16.15 wib kami berangkat pulang. Perjalanan yang tidak sudah di balas dengan indahnya air terjun corocai manih. Akhirnya pukul 18.15 wib   semua tim sampai di jalan lintas desa yang sudah beraspall (jalan hitam), dari jalan hitam untuk sampai ke simp. siabu (Ujung batu) masih ada sekitar 45 menit-an untuk berkendaraan sedang dan juga salah satu kendaraan tim yang mengalami kerusakan motor (Putus rantai). Akhirnya pukul 19.00 wib berangkat untuk pulang ke rumah setelah semua tim berpisah untuk tujuan masing-masing, tidak ada waktu lagi untuk berkumpul dan bercerita karena one day trip saja dan track di luar prediksi. Akhirnya pukul 21.00 wib sampai di basecamp MTMA Rohul yang beralamat Simp.Kumu.
Bagi rekan – rekan tim MTMA Rohul bisa beristirahat sementara saya masih melanjutkan perjalanan lagi menuju rumah kediaman yang berkisar 1 jam lagi perjalanan. 
Pemandangan alam yang akan anda jumpai sepanjang perjalanan

Demikianlah, rute perjalanan yang di tempuh untuk sampai ke air terjun corocai manih, untuk kondisi dan waktu tempuh bisa berubah –ubah dengan tim berangkat, perjalanan ini berdasarkan yang kami lewati.
Bagi sahabat-sahabat yang ingin melakukan perjalanan ke sana bisa menghubungi penduduk setempat atau bisa melalui kami, Komunitas Rumah Jelajah Kita (085257113978)..
Bisa juga lihat video di bawah ini, atau klik link nya..
https://www.youtube.com/watch?v=W7E_4NInIeg&feature=youtu.be


Nb : mohon maaf jika kualitas camera kurang baik, jika ingin puas silahkan kunjungi air terjunnya.. :D :D  

Salam Lestari
Rumah Jelajah Kita
Safrizal Hasbi  

1 comment:

  1. Itu lah desa Cipang Kiri Hulu, yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa, namun sayang nya jalan untuk menuju kesana luar biasa,, mudah2an ada perhatian pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut

    ReplyDelete