Monday 9 April 2018

Berani Ke Suligi, Berani Jatuh Cinta , Ayok Ke Bukit Suligi 812 Mdpl

Suasana di Puncak Bukit Suligi 812 Mdpl

Berbicara destinasi wisata mulai banyak di buka baik itu dari penggiat alam dan kelompok sadar wisata di daerah untuk mengexplorerkan potensi wisatanya, mungkin yang sudah tidak asing terutama diwilayah penulis sendiri, Wisata Dataran Tinggi yaitu Bukit Suligi 812 Mdpl yang terletak di desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Tulisan sebelumnya juga sudah dibahas beberapa kali dan tentu perjalanan kali ini bukan yang pertama tetapi sudah 5 (lima) kali dengan pengalaman dan kenikmatan alam tersendiri.

Bukit Suligi sudah memboming khususnya wilayah Riau,bahkan leader dari thecaretaker (Nama Kelompok Sadar Wisata) sudah pernah membawa rombongan penggiat alam dari Negeri Jiran tetangga (malaysia) dan mendapat beberapa penghargaan baik dari komunitas dan instansi pemerintahan, yang terakhir dalam anniversary MTMA RIAU dan Dinas Pariwisata, dan tentunya Kelompok sadar wisata dan Pemerintahan Desa terus berbenah untuk mengembangkan potensi wisata tersebut.

Baca :  http://safrizalhasbi.blogspot.co.id/2016/12/potensi-desa-aliantan-untuk-desa-eko.html

paparan secara umum tentang wisata dataran tinggi Bukit Suligi, 812 Mdpl. Sekarang penulis menyesuaikan dengan judul di atas, "Berani Ke Suligi, Berani Jatuh Cinta" ini lah brand yang selalu di gaungkan oleh sahabat - sahabat thecaretaker setiap pengunjung ke Bukit Suligi tersebut. seperti Energi yang menarik bagi pengunjung untuk datang, mungkin penulis juga sudah terrasuki virus Berani Ke Suligi, Berani Jatuh Cinta. Perjalanan kali ini dengan merindukan moment samudra di atas awan yang sedikit berkabut. tetapi jika dibandingkan dengan trip - trip sebelumnya, hanya cuaca yang cerah. inilah jika bermain dengan alam, kadang hal tidak diduga pun bisa datang.

Bagi sahabat - sahabat yang ingin datang ke Bukit Suligi, 812 Mdpl, pokoknya tidak usah ragu dengan track yang aman dan peralatan sudah baik di sediakan oleh sahabat  - sahabat thecaretaker dan juga pelayanan baik dari Bapak Kades dan leadernya.

Awas nanti jatuh cinta sama alamnya dan temannya ya... :D :D

Puncak Bukit Suligi, 812 Mdpl

Membahas Rute, Perjalanan di Mulai dari Rumah (Desa Pasir Pandak, Kec.Kepenuhan, Rohul) berangkat pukul 17.30 wib kemudian sampai ke Simp.Kumu 18.20 wib untuk berkumpul dengan rekan trip (ladies bertiga) :D , dan juga shalat magrib di ruko salah seorang sahabat penggiat. kemudian pukul 19.00 wib di lanjutkan perjalanan menuju Desa Aliantan, dan di perjalanan juga istirahat untuk makan sembari menunggu salah satu leader the caretaker (kak Taufik) yang arah sama serta juga nantinya naik ke bukit suligi, setelah makan di ujung batu sekitar pukul 20.00wib dan belanja logistik kemudian dilanjutkan perjalanan hingga pukul 21.45 wib sampai di Desa Aliantan. Istirahat sejenak di kediaman Bapak Rois (Kades aliantan) hingga pukul 22.15 wib beranjak untuk menuju parkiran terakhir.

Sampai pukul 23.00 wib di parkiran dengan sepanjang perjalanan di temani hujan lokal (gerimis). setelah sampai di parkiran dan berkumpul dengan tim lainya yang belum berangkat mengingat cuaca tidak kondusif. Sambil menunggu hujan reda pakcing dan sharing  dengan rekan - rekan yang ngetrip hingga pukul 00.30 wib perjalanan pun di lanjutkan, jumlah saat itu kisaran 60 orang dari berbagai daerah. Mengingat jumlah cukup banyak dengan rute sempit akhirnya di bagi 2 rombongan dan penulis rombongan karena datang juga terakhir membantu leader dari the caretaker.
Hujan gerimis juga terus mengguyur hingga pukul 01.30 wib sampai di pendopo (Bivak) dekat mata air dan beristirahat di sana, karena cuaca tidak juga kunjung reda maka di putuskan untuk tidur di pendopo dan perjalanan akan di lanjutkan saat hujan berhenti.
Kenalan di Bukit Suligi 812 Mdpl (Sebelah baju kaos Merah sahabat dari Desa Tandun, Guru SMK

Sebelah kiri dan dua dari kanan sahabat dari Pekanbaru

Perjalanan pun dilanjutkan Pagi Pukul 07.00 wib setelah sarapan, cuaca berkabut sedang dan gerimis juga ditempuh untuk sampai ke puncak, mengingat jarak dari pendopo ke puncak sekitaran 1 jam normal. hingga sampai di puncak kedua pukul 09.40 wib setelah beristirahat di puncak pertama dan membuat makanan ringan tambahan. Alhamdulillah tidak lama awan sedikit bercampur kabut mulai terlihat dan saatnya dokumentasi yang tidak bisa di elakkan. :D

lebih kurang 1 jam di puncak kemudian dilanjutkan untuk turun, hingga pukul 11.30 wib sampai di parkiran terakhir, beristirahat untuk makan siang dan dilanjutkan perjalalan hingga pukul 12.45 wib kediaman Bapak Kades untuk pamitan dan mampir di basecamp the caretaker hingga pukul 14.00 wib, dan dilanjutkan untuk kembali ke rumah, Alhamdulillah Hingga pukul 17.30 wib sampai di rumah tercinta dengan selamat..

Terima kasih sahabat - sahabat the caretaker, Kak Apri, Kak Muslim, Kak Agus, Taufik dan Srikandi Tamot.. :D...
Terima kasih Semesta, semoga perjalanan ini terus menjadi pengalaman  yang baik.
Aamiin.

Berhubung ada sedikit di dokumentasi jadi banyak photo yang hilang.. :'(

0 comments:

Post a Comment