Thursday 27 July 2017

Pendakian Atap Sumatra, Rujak Adventure Ke Gunung Kerinci

Cadas Gunung Kerinci

Sedikit mengutip dari jelajahiya.blogspot tentang profile gunung kerinci,
Gunung Kerinci adalah gunung paling tinggi di Sumatera dan menjadi Gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.805 mdpl atau setara 12.484 feet. Gunung kerinci terletak diantara perbatasan provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Gunung Kerincibertipe stratovolcano yang masih aktif dan teakhir kali meletus pada tahun 2009.Gunung Kerinci mempunyai beberapa nama sebutan yaitu : "Gunung Kerintji", "Gunung Gadang", "Berapi Kurinci", "Kerinchi", "Puncak Indrapura" dan "Korinci".

https://goo.gl/maps/XqP5srURVz72

Kawasan, Hewan Serta Tumbuhan Sekitar Gunung Kerinci
Dari atas Gunung Kerinci pendaki dapat melihat pemandangan Kota Padang, Jambi, Bengkulu dan Hamparan Samudera Hindia. Gunung Kerinci juga mempunyai kawah seluas 400x120 meter persegi. Kawah tersebut berisi air jernih berwarna hijau dan sebagai rawa air jernih tertinggi di Sumatera. Gunung kerinci dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat hewan langka yaitu Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Dan berbagai jenis fauna lainnya seperti Tapir, Kuskus, Gajah, Beruang Madu, Macan Tutul, Gibbon, Siamang. Monyet Ekor Panjang, dan berbagai jenis burung.
Sedikit perjalanan menuju Gunung Kerinci

Mendaki Gunung Kerinci
Gunung ini dapat ditempuh melalui darat dari Jambi menuju Sungaipenuh melalui Bangko. Dapat juga ditempuh dari Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu. Dengan pesawat terbang dapat mendarat di Padang atau Jambi. Untuk mendaki ke puncakGunung Kerinci membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari dari Pos Kersik Tuo.

Desa Kersik Tuo terletak pada ketinggian 1.400 mdpl. Masyarakat pada pedesaan ini merupakan keturunan Jawa. Untuk mendaki
 Gunung Kerinci ada beberapa pos yang harus kita lewati, 

Rujak Adventure, Perjalanan kali ini tim Crew Rumah Jelajah Kita (Rujak) Adventure yang terdiri dari 2 (dua) Rombongan, Crew Arif Binafsihi yang sudah melakukan pendakian ke gunung kerinci pada tanggal 27 - 31 Juni 2017 bersama komunitas lainnya yang ada di Kuansing dan daerah lainnya, dan tim kedua yaitu Crew Hasbi, Yovie pada tanggal 04 - 08 July 2017 bersama komunitas Pinus, Pendaki Amatir, Mtma, KPGI dan lainnya. Perjalanan yang ditempuh selama 3 Hari 2 Malam tergolong cukup lama mengingat kondisi dan track yang cukup melelahkan di gunung Kerinci. 
Tim dari Leader Rujak Adventure Pertama
 
Tim Penulis bersama sahabat di Shelter 1
Di mulai keberangkatan pada tanggal Selasa (04-07-2017) berangkat dari Kabupaten Rokan Hulu, Hingga sampai Subuh (05-07-2017)  sampai di Kresik Tuo, Kab.Kerinci, Jambi. setelah melaksanakan Ibadah Shalat Subuh di Masjid Muhajirin, sembari menunggu fajar menyinsing kami putuskan untuk packing ulang semua peralatan, dan juga rupanya Leader dari Pendakian ini Ustad Ishak menunggu sahabatnya yang tidak lain penduduk lokal di sini Ustad Dani, hingga pukul 07.00 wib kedua sahabat ini bertemu, setelah bercerita panjang lebar akhirnya diputuskan untuk beristirahat kediaman Beliau (Ustad Dani) sambil sarapan pagi. Kemudian di lanjutkan untuk berangkat menuju Pendakian di mulai Pukul 10.00 wib, setelah melakukan registrasi hingga pukul 11.00 wib sampai di bawah pintu rimba,

Tugu Macan, langkah dimulai untuk pendakian
Pos Registrasi Gunung Kerinci

Berhubung  Ustad Dani mau mengantarkan kami ke bawah Pintu Rimba sehingga mengurangi tenaga untuk berjalan dari R10/Basecamp yang jaraknya 2 km, ada jarak dan waktu perjalanan yang telah di dapatkan beberapa teman-teman dan media sosial, dimana jarak dan waktu versi yang telah ada.
Pos 2 Batu Lumut

  1. Dari R10/Basecamp menuju Pintu Rimba dengan Jarak 2 Km waktu 10 Menit 
  2. Dari Pintu Rimba - Bangku Panjang (pos 1) dengan Jarak 1,5 Km waktu lebih kurang 20 Menit -
  3. Batu Lumut (Pos 2) dengan Jarak 3 Km waktu lebih kurang 75 Menit -
  4. Pos 3 dengan jarak 3 Km waktu lebih kurang 75 menit -
  5. Shelter 1 dengan jarak 4 km waktu lebih kurang 2,5 jam -
  6. Shelter 2 dengan jarak 2 km waktu lebih 45 Menit -
  7.Shelter 3 dengan 1,5 Km waktu lebih kurang 1,5 Jam menuju top
Ustad Rino Menikmati Bonus menjelang Shelter 3



Diatas, Versi yang telah dibuat dari tim sebelumnya. beda lagi dengan versi yang di tempuh. setelah sampai di pintu rimba (Rabu, 05-07-2017) pukul 11.00 melanjutkan perjalanan sampai Bangku Panjang dengan waktu yang tak jauh beda dengan di atas, sambil beristirahat sekitar 5 menit kemudian melanjutkan ke Pos 2 (Batu Lumut) sekitar pukul 13.00 wib untuk ISHOMA (istrihat, sholat dan makan). Kemudian di lanjutkan sehingga pukul 16.00 wib sampai di Shelter 1, Mengingat kondisi tim yang sudah mulai lelah dan jarak dan waktu tempuh dari shelter 1 ke shelter 2 juga cukup jauh, belum lagi cuaca dan keadaan (Binatang buas), setelah diskusi akhirnya diputuskan untuk mendirikan tenda di shelter 1. hingga malam berlalu dan beristirahat dengan baik hingga esok (Kamis,06-07-2017) sekitar pukul 09.00 wib melanjutkan perjalanan ke shelter 2, mengingat kondisi track dan medan hingga pukul 12.00 baru sampai di shelter 2 dan kemudian Istirahat dan shalat hingga pukul 13.10 wib melanjutkan perjalanan ke shelter 3, medan yang sulit serta kondisi perut yang sudah mulai kosong karena kekurangan logistik serta jarak antara team yang terpisah jauh sehingga perjalanan sedikit terlambat. hingga pukul 15.00 wib beberapa orang dari tim sampai di Shelter 3 (Cadas) dan mendirikan tenda, hingga malam berlalu menikmati pemandangan yang indah *kecuali penulis yang kebetulan magh kambuh L
Dapat View sedikit menjelang shelter 3

Alhamdulillah pendakian kali ini berjalan dengan baik, selama perjalanan hujan dan badai belum di temui, kecuali di hari pertama sampai di Pintu Rimba terjadi hujan (gerimis) dan hanya sampai di bangku panjang, untuk di shelter 3 hingga subuh (Jum’at,07-07-2017) *Tanggal cantik J semua team summit untuk muncak dan mengejar sunrise *Kecuali penulis yang masih ragu mengingat kondisi, akhirnya pukul 05.00wib berjalan hingga pukul 10.00 wib beberapa kawan- kawan sudah mulai turun dari top. Penulis juga menuju puncak tetapi hanya sampai di pertengahan mengingat kondisi.   Pengalaman dari tim yang sudah sampai di puncak memang perjalanan yang ditempuh lebih kurang 2 jam dan tidak bisa lama menikmati puncak meningingat puncak gunung kerinci masih aktif dan angin yang sangat kencang di puncak.
Perjalanan ke puncak walau tidak sampai .. :'( :'(

Setelah semua tim  turun dan melakukan packing untuk turun hingga makan siang, berkumpul dan membersihkan area sekitar pukul 12.00 wib semua tim turun, bedanya waktu turun dan sedikit takut *kabarnya kalau sore dan berkabut jadi lintasannya harimau Sumatra untuk mencari makan. Sehingga, saya,yudi, takim,, mas yovie, hadi dan bang yadi bisa dikatakan berlari untuk turun, waktu yang ditempuh dari shelter 3 – shelter 2 hanya 15 Menit dan terus berlari dari shelter 2 – Pintu Rimba sekitar 3 jam atau lebih kurang 15.30 wib kami sudah sampai di Pintu  Rimba dengan kondisi basah (Hujan lebat dari shelter 1). Setelah beristirahat dan menunggu jemputan sampai pukul 16.20 wib kami melanjutkan untuk beristirahat di Masjid Syuhada untuk mandi serta mengganti pakaian yang basah karena sudah menggigil.

Setelah semuanya  rapi dan bersih hingga pukul 17.30 wib kami menikmati makan bakso, dilanjutkan berfoto di tugu macan, *katanya gx sah kalau gx foto di sini J dan juga belanja souvenir khas kerinci. Sambil menunggu tim lain yang sudah sampai di Pintu Rimba.
Kemudian hingga pukul 18.30wib semua tim berkumpul di kediaman Ustad Dani, dan hingga pukul 22.00 wib bersiap berangkat menuju kediaman Sepupunya dari salah satu tim (Dyta) di Sungai Penuh, Jambi. Mengingat besok akan melanjutkan perjalanan ke Danau Kaco, Kerinci, Jambi.
Arif, Leader Rujak Adv yang sampai di Top


Rekan sahabat Pinus, PA dan KPGI
M Yudi salah satu dari Tim yang juga sampai di Top

Terima Kasih Gunung Kerinci atas keindahanmu,
Terima  Kasih Sahabat
Terima kasih juga Ustad Dani atas sambutannya. :D  Salam Kenal sebelumnya 

0 comments:

Post a Comment