Monday 2 January 2017

Sukses Musran Ke-Empat Menjadi Tahun Baru, Semangat Baru Seperti Tunas Kelapa Yang Terus Memberi Harapan Baru




Organisasi Gerakan Kepramukaan adalah merupakan lembaga pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda, yang bertujuan membantu pengembangan pribadi, watak, dan jiwa sosial para generasi muda kita yang didasarkan pada kesukarelaan, tidak berpolitik dan terbuka bagi semua orang. Kepramukaan telah berkembang sesuai dengan perkembangan anak dan pemuda pada masa kini, seiring dengan berkembangnya kemajuan informasi dan teknologi serta perkembangan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan harus dilihat dan diakui sebagai sesuatu yang penting dan strategis bagi pendidikan masyarakat pada umumnya.
Pelatihan Kepemimpinan pada Musppanitera
 Gerakan Kepramukaan adalah suatu bagian dari Organisasi Kepanduan Dunia yang angota-anggotanya dididik menjadi insan yang disiplin, mandiri, bertanggung jawab, berguna bagi sesama umat manusia, serta dapat menjalankan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan tidak boleh diserahkan begitu saja kepada orang-orang atau pihak-pihak yang tidak mengerti tentang pendidikan pada umumnya dan keparamukaan pada khususnya, karena hal itu akan menjadikan pendidikan pramuka yang sia-sia dan tidak sesuai dengan harapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia. Sistem pendidikan dan pembinaan kepramukaan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat sejalan dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia dan Program Kegiatan Sekolah yang diharapkan dapat membentuk manusia berbudi pekerti yang Pancasilais.

Foto Bersama Dewan Kerja Ranting (DKR)

Organisasi ini sangat baik bagi generasi muda khususnya, tentu dengan aturan – aturan dan dharma yang telah diatur dalam kepramukaan, didalam struktur organisasi ini tidak lepas dari unsur pemerintahan mulai dari Presiden sampai ke Kepala Desa, Kepala Sekolah bahkan orang –orang dewasa, serta didalam manajemen kepramukaan, berbagai kegiatan dan acara yang telah diatur dalam kepramukaan,sebagai penunjang pelaksanaan khususnya di Kwartir Ranting 0803 Kepenuhan melaksanakan Musyawarah Ranting (Musran), forum tertinggi musyawarah di tingkat Ranting (Kecamatan) yang pelaksanaannya sekali dalam lima tahun. Penyampaian laporan pertanggung jawaban dan pembahasan rencana kerja ranting untuk periode selanjutnya. Memang kepramukaan di kwartir ranting selama ini cukup dengan pelaksanaan kegiatan tetapi kurangnya adminisitrasi sehingga kwarran ini masih tergolong kurang aktif didalam administrasi.

Foto Bersama Anggota Kwarran 0803 Terpilih

Sesuai dengan thema musran ke empat  ini, “Tahun Baru, Semangat baru seperti tunas kelapa yang terus memberi harapan baru” untuk pramuka ke depannya, berbagai pengembangant telah dibuat salah satunya memulai membangun Bumi Perkemahan (UPT Pir Tran II) seluas 6 Ha (masih dalam tahap survey dan kepengurusan hibah tanah dari Pemerintahan setempat), Pengadaan Email Kwarran, Buletin Media Sosial Kwarran serta akan dilaunching kan Website www.kwarrankepenuhan.com . tentu kerja sama dari seluruh unsur yang ada didalam kepanduan ini.

“Majulah Pramuka Kepenuhan, Jayalah Pramuka Indonesia”

0 comments:

Post a Comment